Ahok Mengundurkan Diri dari PT Pertamina: Alasan Sebenarnya Terungkap

referensi gambar dari (images.bisnis.com)
referensi gambar dari (images.bisnis.com)

Jurnalindo.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mengundurkan diri dari jabatan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) pada awal tahun 2024. Alasan yang awalnya disebutkan adalah dukungannya terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md pada Pemilihan Presiden. Namun, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkapkan alasan lain di balik keputusan Ahok. dilansir dari detik.com

Dalam Rakernas PDIP 2024 di Ancol, Jakarta Utara, yang disiarkan di YouTube PDIP Perjuangan, Megawati mengungkapkan bahwa Ahok merasa tidak sejalan dengan atasan di Pertamina. “Kok keluar dari Pertamina? Karena saya tidak sejalan dengan bos saya,” ujar Megawati.

Meskipun awalnya terkejut dengan langkah Ahok, Megawati akhirnya mempersilakan keputusan tersebut. “Waduh bagaimana nanti keluarganya ya. Saya tanya, gimana kalau nggak ada gaji? Sek bu, pokoknya semuanya beres. Oke, silakan. Nah sekarang terus nanya. Saya boleh terus ikut di PDIP perjuangan? Sip! keren nggak tuh,” tambahnya.

Sebelumnya, Ahok telah mengunggah dua surat pengunduran dirinya lewat Instagram pada 2 Februari 2024. Surat tersebut ditujukan kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Sekretaris Dewan Komisaris.

“Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris utama PT Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024,” tulis Ahok di akun Instagramnya @basukibtp.

Keputusan Ahok untuk mundur dari Pertamina mengundang perhatian publik terkait dinamika di perusahaan BUMN tersebut. Selain itu, langkah Ahok yang tetap berkomitmen dengan partai politiknya, PDIP, juga menjadi sorotan dalam perbincangan politik nasional.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *