Demokrat Tak Akan Bebani Prabowo dalam Penyusunan Kabinet

Partai Demokrat menegaskan komitmennya untuk tidak membebani Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, dalam menentukan komposisi menteri (Sumber foto: Kompas)
Partai Demokrat menegaskan komitmennya untuk tidak membebani Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, dalam menentukan komposisi menteri (Sumber foto: Kompas)

Jurnalindo.com, – Partai Demokrat menegaskan komitmennya untuk tidak membebani Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, dalam menentukan komposisi menteri atau penyusunan kabinet pemerintahan mendatang.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Nusa Dua, Bali, pada Kamis (23/5/2024).

AHY menjelaskan bahwa Partai Demokrat menyerahkan sepenuhnya urusan penyusunan kabinet kepada Prabowo Subianto. “Kami memilih untuk tidak memberikan beban apa pun ataupun beban tambahan kepada Bapak Prabowo Subianto, karena kami menyerahkan bahwa beliau yang paling memahami kebutuhan kabinet ke depan seperti apa,” ujarnya.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, AHY menegaskan bahwa Partai Demokrat berkomitmen mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sejak Pilpres 2024.

“Kami menyerahkan sepenuhnya kepada beliau sebagai presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto, karena yang jelas kami Partai Demokrat telah memiliki komitmen setelah berjuang bersama.”

AHY menekankan bahwa dukungan Demokrat tidak hanya berhenti pada kampanye, tetapi berlanjut dalam menjalankan pemerintahan selama lima tahun ke depan. “Beliau sampaikan itu berkali-kali,” ungkap putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Untuk mendukung pemerintahan selama lima tahun ke depan, AHY memastikan bahwa Partai Demokrat siap menyiapkan kader-kader dan gagasan-gagasan yang diperlukan.

Ia juga mengaku senang karena Prabowo selalu melibatkan Demokrat dalam berbagai rapat pembahasan terkait pembangunan pemerintahan ke depan.

Pelibatan ini, menurut AHY, mencakup berbagai aspek seperti ekonomi, hubungan internasional, pembangunan infrastruktur, kesejahteraan rakyat, dan sumber daya manusia.

“Tentunya di samping secara umum kita menyampaikan ataupun telah memiliki komitmen seperti itu, kalaupun dalam diskusinya kita selalu dilibatkan kami juga merasa sangat senang karena beliau (Prabowo) selalu mengajak diskusi dengan baik,” bebernya.

AHY menegaskan pentingnya menjaga tim yang solid, kuat, dan kompak untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. “Kita tahu tadi juga tentang air misalnya, ini merupakan tantangan bukan hanya bagi Indonesia melainkan juga bagi dunia.

Belum lagi bicara soal pangan, energi dan sebagainya. Jadi banyak hal yang harus ditangani dengan serius dan ini membutuhkan tim yang kuat, solid dan kompak. Kabinet yang juga kapabel dan menurut saya perlu kita siapkan bersama-sama,” jelasnya.

Partai Demokrat menunjukkan sikap yang kooperatif dan tidak akan membebani presiden terpilih Prabowo Subianto dalam penyusunan kabinet.

Dengan komitmen penuh untuk mendukung pemerintahan baru, Demokrat berharap bisa terus berkontribusi positif melalui kader-kader dan gagasan-gagasannya, serta berpartisipasi aktif dalam diskusi-diskusi strategis yang diadakan oleh Prabowo untuk membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. (Sumber : Kompas.TV/Nada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *