Gerindra Mantap Dukung Ridwan Kamil untuk Pilgub Jakarta, Golkar Masih Pertimbangkan

referensi gambar dari (blue.kumparan.com)
referensi gambar dari (blue.kumparan.com)

Jurnalindo.com – Partai Gerindra telah bulat mendukung mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta. Namun, Partai Golkar, yang merupakan partai tempat RK bernaung, masih mempertimbangkan keputusan tersebut.

RK sendiri disebut-sebut akan maju dalam Pilgub Jakarta atau Pilgub Jawa Barat. Sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar, RK pernah menyatakan bahwa belum ada keputusan resmi dari partainya terkait pencalonannya. “Kalau boleh terus terang, hari ini itu siapa dengan siapa ke mana, yang saya tahu masih dibahas di level DPP-DPP. Jadi, keputusan ini lebih relevan kelihatannya bulan Juli. Karena sudah mengerucut, sehingga saya pun nanti pengumumannya bukan Ridwan Kamil ke mana? Tapi Ridwan Kamil dengan siapa ke mana,” kata Ridwan Kamil saat bertemu di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (31/5/2024). dilansir dari detik.com

Menurut RK, pihaknya baru menerima dua surat tugas dari Golkar, yaitu untuk Jakarta dan Jawa Barat, namun belum ada keputusan resmi. “Per hari ini, kalau Golkar surat tugas saya kan dua ya, dan itu masih berlaku. Dan dari DPP Golkar Pak Airlangga, ya saya baik di Jabar maupun DKI diminta untuk menaikkan persentase elektabilitas. Sehingga nanti ketika waktunya tiba di bulan Juli keputusannya sudah lebih matang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan bahwa partainya telah memberikan rekomendasi kepada RK untuk maju di Pilgub Jakarta. Dasco mengatakan Gerindra ingin mengusung Ridwan Kamil bersama kader internal dalam Pilgub Jakarta. “Soal posisi Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI,” kata Dasco di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Dasco yakin bahwa Golkar pada akhirnya akan memberikan rekomendasi yang sama untuk RK agar maju di Pilgub Jakarta. Ia optimis bahwa Golkar dan Gerindra akan sejalan mengenai pencalonan Ridwan Kamil. “Saya rasa bukan (berbeda) ya, bukan berbeda, tapi pasti akan sama, bahwa RK akan direkomendasi maju di DKI Jakarta,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dasco mengatakan bahwa Gerindra ingin mengusung RK untuk berpasangan dengan kader internal Gerindra dalam Pilgub DKI. “Ya, kira-kira begitulah (dengan kader internal),” tuturnya.

Dengan semakin dekatnya waktu pengambilan keputusan di bulan Juli, dukungan terhadap Ridwan Kamil untuk Pilgub Jakarta semakin menguat, meski masih menunggu keputusan final dari Golkar.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *