PDIP Ungkap Daftar Prioritas Calon Gubernur untuk Pilgub Jakarta 2024

referensi gambar dari (koma.id)
referensi gambar dari (koma.id)

Jurnalindo.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengungkapkan daftar nama prioritas yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menjadi andalan PDIP untuk bertarung di ibu kota.

Sejak awal, nama Andika memang masuk dalam rekomendasi bakal calon gubernur (cagub) di Pilgub Jakarta yang dikirimkan oleh DPD PDIP Jakarta kepada DPP. Selain Andika, nama-nama lain yang turut direkomendasikan adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. dilansir dari detik.com

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengungkap bahwa Eks Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud tersebut menjadi prioritas utama untuk calon Jakarta 1.

“Yang pertama adalah di internal mulai diinventarisir nama-nama prioritas pertama Pak Andika memang untuk calon gubernur DKI, kemudian dari perkembangan berbagai situasi terkini karena PDI Perjuangan tidak bisa sendiri tentu perlu menggaet partai-partai yang ada di Jakarta,” kata Said kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Nama Anies dan Risma Juga Masih Dipertimbangkan

Said mengatakan bahwa sejumlah lobi dengan partai lain telah dilakukan. Selain sosok Andika, PDIP juga masih mempertimbangkan nama-nama lain seperti Anies Baswedan dan Tri Rismaharini (Risma).

“Kemudian kami berkomunikasi dengan berbagai partai, bahwa pada akhirnya sebagaimana yang disampaikan oleh Sekjen kami Pak Hasto Kristiyanto bahwa Anies juga jadi bagian pertimbangan,” ucapnya.

Namun, Said menegaskan bahwa skenario-skenario Pilgub Jakarta belum masuk dalam agenda DPP PDIP karena masih berada di tahap awal. Hal ini juga belum dilaporkan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Namun ini masih proses-proses awal yang belum masuk dalam rapat DPP dan belum dilaporkan kepada Ibu Ketua Umum,” sebut Ketua Badan Anggaran DPR RI ini.

PDIP terus menggodok berbagai nama dan strategi untuk Pilgub Jakarta 2024, memastikan bahwa pilihan mereka akan mampu membawa Jakarta ke arah yang lebih baik dengan dukungan dari partai-partai koalisi.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *