News  

Prabowo Subianto Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Bahas Palestina hingga Perdagangan

referensi gambar dari (blue.kumparan.com)
referensi gambar dari (blue.kumparan.com)

Jurnalindo.com – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, bertemu dengan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman (MBS), pada Rabu (12/6/2024) waktu setempat di Jeddah, Arab Saudi. Pertemuan ini membahas berbagai isu penting, termasuk masalah Palestina, pertahanan, dan perdagangan.

Menurut siaran pers tim media Menhan Prabowo yang dirilis pada Kamis (13/6/2024), pertemuan tersebut meninjau hubungan bilateral antara kedua negara, aspek kerja sama di berbagai bidang, serta cara-cara untuk mendukung dan mengembangkannya. Selain itu, keduanya juga meninjau situasi global saat ini, termasuk situasi di Palestina. dilansir dari detik.com

Komitmen untuk Perdamaian Palestina

“Saya mengandalkan kepemimpinan Anda dalam membela perdamaian, keadilan, dan kemanusiaan untuk Palestina,” kata Prabowo kepada MBS. Prabowo menjelaskan bahwa pihaknya mengapresiasi upaya Saudi dalam mewujudkan perdamaian di Palestina. Isu Palestina sangat dekat dengan masyarakat Indonesia, dan kedua negara berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam menyelesaikan masalah internasional ini.

 Dukungan Indonesia untuk Palestina

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo juga memaparkan pandangannya mengenai pentingnya dukungan internasional untuk Palestina. Dalam KTT Call for Action untuk Gaza di Amman, Yordania beberapa hari sebelumnya, Prabowo menekankan dukungan kokoh Indonesia untuk Palestina dan perlunya tindakan bersatu dan konkret untuk mendorong gencatan senjata segera dan permanen.

Prabowo juga menyatakan bahwa Indonesia mendorong kepatuhan Israel terhadap perintah Mahkamah Internasional, keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan mendukung pekerjaan kemanusiaan di lapangan, termasuk UNRWA sebagai penyedia layanan utama bagi pengungsi Palestina.

Peningkatan Kerja Sama Perdagangan

Selain membahas isu Palestina, Prabowo juga mengapresiasi hubungan perdagangan yang kuat antara Indonesia dan Arab Saudi. Meski terdapat ketidakpastian global, perdagangan bilateral kedua negara tetap menunjukkan tren positif. Prabowo mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dengan menjajaki peluang baru, termasuk memperluas potensi perdagangan produk industri pertahanan, teknologi pertanian, industri halal, dan industri kreatif.

 Pengelolaan Haji dan Umrah

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kenaikan kuota haji sebanyak 20.000 untuk tahun ini dan implementasi inisiatif Rute Makkah yang membuat perjalanan haji bagi jamaah Indonesia menjadi lebih lancar dan nyaman.

“Saya ingin mengungkapkan penghargaan saya yang tulus kepada Yang Mulia dalam memastikan keselamatan peziarah Indonesia sampai selesainya perjalanan haji mereka di sini di Arab Saudi,” ujar Prabowo, yang merupakan presiden terpilih RI 2024-2029.

Penghargaan dari MBS

Pangeran Muhammad bin Salman pada kesempatan tersebut mengapresiasi hubungan dekat antara kedua negara, di mana Indonesia dianggap sebagai rumah kedua bagi Arab Saudi. Ia juga menyoroti perlunya peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi dengan Indonesia. MBS menekankan pentingnya kolaborasi yang lebih erat dalam menghadapi tantangan global, termasuk isu-isu terkait Palestina, di mana gencatan senjata masih memerlukan pembahasan lebih lanjut.

 Pejabat Tinggi yang Hadir

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Arab Saudi, di antaranya Pangeran Khalid bin Salman bin Abdulaziz, Menteri Pertahanan; Pangeran Faisal bin Farhan bin Abdullah, Menteri Luar Negeri; serta Menteri Negara, Menteri Dewan Menteri, dan Penasihat Keamanan Nasional, Dr. Musaed bin Mohammed Al-Oeban.

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi serta memberikan kontribusi positif dalam menyelesaikan berbagai isu internasional yang dihadapi kedua negara.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *