Presiden Terpilih Prabowo Subianto Kajian Program Makan Siang Gratis, Rencana Pembentukan Lembaga Khusus Dimulai

referensi gambar dari (news.detik.com)
referensi gambar dari (news.detik.com)

Jurnalindo.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto semakin serius mengkaji program makan siang gratis. Langkah ini semakin nyata dengan adanya rencana pembentukan lembaga khusus yang akan mengurus program tersebut. Fokus Prabowo pada program makan siang gratis ini disampaikan oleh Ketua Harian Gerindra, Dasco, pada Selasa (14/5).

Dasco mengungkapkan bahwa Prabowo bahkan belum membahas susunan kabinetnya karena sedang berkonsentrasi penuh pada program makan siang gratis ini. dilansir dari detik.com

“Sebenarnya begini, kalau ada revisi UU Kementerian bukan untuk mengakomodasi jumlah menteri dalam jumlah tertentu, tetapi kemudian mungkin untuk mengakomodasi kepentingan kebutuhan nomenklatur dan juga bagaimana mengoptimalkan memaksimalkan kerja-kerja kabinet di masa depan,” kata Dasco kepada wartawan di Gedung DPR RI.

Dasco juga menegaskan bahwa pembahasan mengenai kabinet belum dibahas oleh tim Prabowo. Dia enggan menjelaskan lebih lanjut tentang calon-calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran mendatang.

“Sampai saat ini hal tersebut belum pernah dibahas di tempatnya Pak Prabowo sehingga saya belum bisa komentar lebih jauh,” ujarnya.

Ketika ditanyai apakah Prabowo akan menyeleksi kandidat calon menterinya dari sekarang, Dasco tidak mau berkomentar lebih lanjut. Ia menyebut pihaknya lebih berfokus pada program makan siang gratis.

“Saya nggak tahu karena belum pernah ada pembicaraan soal kabinet. Pak Prabowo lagi konsentrasi saat ini merumuskan, mengkaji, soal makan siang gratis dan beberapa program unggulan saat kampanye,” tutur Dasco.

**Lembaga Khusus Urus Makan Siang Gratis**

Di tengah pembahasan soal kementerian hingga revisi UU Kementerian Negara, mencuat wacana pembentukan lembaga khusus yang akan mengurus program makan siang gratis ini. Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Dradjad Wibowo, memberikan bocoran mengenai hal tersebut.

“Tentu untuk program makan siang gratis akan ada kelembagaan yang mengurusnya,” kata Dradjad kepada wartawan, Jumat (17/5).

Dradjad menjelaskan bahwa masih dipertimbangkan apakah program ini nantinya akan dilaksanakan oleh kementerian/lembaga baru atau digabung dengan kementerian/lembaga yang sudah ada. Dia mengatakan hal itu akan diumumkan saat sudah final.

“Apakah masuk dalam kementerian yang sudah ada, atau menjadi kementerian/lembaga tersendiri. Pada saatnya nanti akan diumumkan. Semuanya masih digodok dan dimatangkan,” ujar Ketua Dewan Pakar PAN itu.

Dradjad menambahkan bahwa Prabowo sebagai presiden di era mendatang akan mengumumkan secara langsung atau melalui pihak yang ditugaskan.

“Nomenklatur yang baru nanti apa saja sedang digodok, belum final. Nanti finalnya akan disampaikan oleh Presiden terpilih Prabowo atau pihak yang beliau tugaskan,” kata Dradjad.

Dengan adanya rencana pembentukan lembaga khusus ini, program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto diharapkan dapat terlaksana dengan lebih optimal dan tepat sasaran, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat luas.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *