Tanggapan Jokowi terhadap Dukungan Relawan untuk Kapolda Jateng Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng 2024

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencurigai bahwa Presiden Jokowi akan kembali melakukan cawe-cawe pada pelaksanaan Pilkada 9Sumber foto; Kumparan)
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencurigai bahwa Presiden Jokowi akan kembali melakukan cawe-cawe pada pelaksanaan Pilkada 9Sumber foto; Kumparan)

Jurnalindo.com, – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan tanggapan terkait klaim relawan yang menyebut dirinya memberikan arahan untuk mendukung Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Tengah. Menanggapi hal tersebut, Jokowi tidak ingin memberikan banyak komentar dan menyarankan agar isu tersebut ditanyakan langsung ke partai politik.

“Pilkada Jateng tanyakan ke partai politik. Ke parpol, ya,” ujar Jokowi usai meninjau Program Bantuan Pompa Air di Karanganyar, 19 Juni 2024, sebagaimana dikutip dari keterangan video.

Ketua Umum Sekabel (Sedulur Kayu Mebel dan Pengusaha Indonesia), Setyo Wisnu Broto, sebelumnya menyatakan bahwa mereka mendapat arahan dari Presiden Jokowi mengenai dukungan kepada Ahmad Luthfi. Kapolda Jawa Tengah saat ini diperkirakan akan maju dalam kontestasi Pilkada Jateng sebagai bakal calon gubernur.

Setyo mengungkapkan hal ini kepada wartawan setelah menemani Jokowi mengajak dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Ahad siang, 16 Juni 2024. Relawan Sekber Solo Raya bersama sejumlah organ relawan yang tergabung di bawahnya sebelumnya telah resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ahmad Luthfi untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jateng.

“Dukungan kepada Bapak Ahmad Luthfi ini sudah kami sampaikan waktu kami diundang ke Istana Negara. Saya secara pribadi menyampaikan bahwa Pak Ahmad Luthfi berminat untuk maju pilgub,” ujar Setyo setelah pertemuannya dengan Jokowi.

Setyo menjelaskan bahwa Jokowi memberikan tanggapan dengan memberikan arahan agar melihat elektabilitas Ahmad Luthfi dalam berbagai survei terlebih dahulu. Jokowi menyatakan akan memberikan dukungan jika hasil survei menunjukkan elektabilitas Ahmad Luthfi bagus.

“Dan dari beliau (Jokowi) menyampaikan, ‘Kita lihat elektabilitasnya dulu. Kalau bagus nanti Insya Allah kita support’,” ujarnya menirukan jawaban Jokowi.

Ahmad Luthfi memiliki pengalaman panjang lebih dari sepuluh tahun bertugas di Jawa Tengah. Ia merupakan sahabat Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan telah menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah sejak 2020. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Wakapolresta Solo saat Jokowi menjabat Wali Kota Solo.

Partai Golkar telah memasukkan nama Ahmad Luthfi untuk diajukan dalam Pilgub Jateng 2024. Belakangan, Partai Amanat Nasional (PAN) juga memberikan dukungannya kepada Ahmad Luthfi untuk pilgub Jateng.

Dukungan relawan dan arahan Presiden Jokowi mengenai Ahmad Luthfi menunjukkan dinamika politik yang menarik menjelang Pilkada Jawa Tengah 2024. Meskipun Jokowi menyarankan untuk menanyakan isu ini ke partai politik, arahan untuk memantau elektabilitas menunjukkan bahwa keputusan dukungan akan didasarkan pada data dan analisis yang matang.

Dengan dukungan dari berbagai partai besar dan pengalaman panjang di kepolisian, Ahmad Luthfi menjadi salah satu kandidat kuat dalam kontestasi Pilkada Jateng mendatang. (Sumber ; Kompas/Nada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *