News, Oase  

Viral! Emak-Emak di Kulon Progo Gendong Anak Domba Mirip Bayi, Warganet Terhibur

Referensi gambar dari (www.detik.com)
Referensi gambar dari (www.detik.com)

Jurnalindo.com –  Seorang wanita bernama Irna Tri Wijayanti (33) menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah aksinya menggendong seekor cempe atau anak domba yang didandani mirip bayi viral. Video yang diunggah oleh akun Instagram @infoadikarta pada Minggu (2/6/2024) ini telah ditonton puluhan ribu kali dan mendapatkan banyak respons positif dari warganet.

“Pemandangan ini mungkin tak jamak dijumpai. Bila biasanya hewan piaraan kesayangan adalah anjing maupun kucing, namun perempuan asal Pedukuhan Glagah, Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon bernama Irna Tri Wijayanti ini memilih domba sebagai binatang kesayangannya,” tulis akun tersebut, dikutip detikJogja pada Senin (3/6/2024). dilansir dari detik.com

Dalam video itu, terlihat Irna sedang menggendong seekor cempe jantan bernama Momot Cemot di sekitar objek wisata Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo. Cempe berusia dua bulan itu digendong menggunakan kain jarik dan didandani dengan busana khas anak-anak.

 Bidan Pecinta Cempe

Ternyata, Irna berprofesi sebagai bidan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nyi Ageng Serang, Sentolo. “Saya bidan Mas, jadi di rumah sakit saya tugasnya membantu proses kelahiran. Kalau di rumah aku jadinya bidus, bidan wedhus. Itu suami saya yang menjuluki,” ucap Irna saat ditemui wartawan di tempat peternakan kambing dan domba, Rararifarm, Glagah, Temon, Kulon Progo, Senin (3/6/2024).

Momot Cemot adalah salah satu domba dari peternakan Rararifarm yang dikelola suami Irna, Heri Prayitno. Momot Cemot merupakan domba hasil persilangan dari jenis texel dan Gibas. “Ini hasil silang Gibas dan texel, sehingga bentuknya unik dan lucu,” terang Irna.

Ibu dua anak ini mengaku sudah cukup lama memperlakukan Momot Cemot seperti bayi. Hal itu bermula dari keisengannya mengunggah aktivitas dirinya bersama domba lewat akun TikTok @rararifarm. “Awalnya kita bikin konten TikTok, iseng gendong domba. Eh ternyata banyak yang suka, dan minta request tutorial gendong domba. Ya udah akhirnya jadi bikin konten gitu,” ujarnya.

“Sebelumnya itu saya seringnya sama si Ipeh (cempe lain). Karena sekarang Ipeh udah besar jadinya gantian Momot Cemot yang ukurannya lebih kecil dan enteng,” imbuhnya.

Irna juga memperlakukan Momot Cemot seperti anaknya sendiri. Mulai dari memberikan susu formula, mendandaninya dengan pakaian anak, hingga mengajaknya jalan-jalan keliling tempat wisata. “Iya, perlakuannya hampir sama dengan bayi. Kadang juga saya gendong buat diajak jalan-jalan ke Pantai Glagah, biasanya bareng dua anak saya ini,” ucapnya.

Dukungan Sang Suami

Aksi nyeleneh Irna ini tidak dipersoalkan oleh sang suami, Heri Prayitno. Heri justru mendukung langkah istrinya. “Kalau saya karena pecinta domba, sering rawat dari kecil, jadinya happy aja, karena itu bentuk ekspresi istri saya. Saya dukung apapun yang dilakukan istri saya. Daripada dia jenuh di kerjaannya, jadi ini buat hiburan dia juga,” ujar Heri.

Aksi unik Irna menggendong cempe seperti bayi ini ternyata membawa kebahagiaan dan hiburan tersendiri, baik bagi keluarganya maupun warganet yang menonton videonya. Dukungan keluarga dan respons positif dari masyarakat menunjukkan bahwa hobi dan ekspresi diri yang unik dapat menjadi sumber kebahagiaan dan inspirasi bagi banyak orang.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *